Friday, November 18, 2011

Dear Thesis ... (edisi 1)


Dear noters,

Mata gw kedap kedip di depan deretan coding program yang entah apa isinya. Kenapa ya kok mumeth banget inih jadinya semuanya ribetnya aduhnya wuaaaa ... *scream 1. Pengen jambak rambut roommate tp rambut beliau juga dah kagak ada rambut hueee ... akhirnya jambak rambut sendiri deh.

Dulu gw pernah bilang sama Tuhan "Tuhan, kan Engkau tau hambamu ini tercipta dengan otak yang secuil dan IQ yang standar aja, kelak aku ingin-mau-harus-banget melaksanakan thesis yang "gampang" aja -menurut gw- yang SIMPLE, APPLICABLE, NO MATH, NO PROGRAMMING, NO ENGLISH hehehehe ... -yang terakhir ngigoo- masa pake bahasa jawa. *ditabok dekan.

Kasak kusuk sana sini dari bulan juli kemaren akhirnya ga ada topik yang -menurut- gw selaras-seimbang-senada dengan kerjaan gw di kantor. Emang salah jalur !!! Akhirnya gw beranikan diri ambil topik tentang geo-statistik. DUARRRR !!! gw sebenarnya ragu karena kuliah satu ini emang susyeh banget boq. Lulus aja dah nilai paling minimalis dan campur hoky. --parah-- Akhirnya gw nekad cuy untuk ambil topik itu. Gw suka tapi gw ga pinter. Gw cuma percaya saat gw usaha pasti gw bisa. *baca = sok optimis dan sok pinter.

Thesis gw memang simple banget. Semua berawal dengan keadaan stasiun curah hujan di daerah gw yang kurang. Nah, sebagai pegawai yg berbudi luhur akhirnya gw terpikir bagaimana meningkatkan kualitas pengukuran curah hujan dengan metodi statistik. Kan banyak masyarakat minta data curah hujan tp di daerah yang kagak ada stasiunnya. Teros gw mencoba mengembangkan metode interpolasi data untuk memperbaiki tingkat prediksi curah hujan di daerah tanpa sensor hujan tadi. Nama metode interpolasinya yaitu si KRIGING.

Kriging methode sebenarnya ada di tool bawaannya software jadi Arc GIS (buat bikin peta2 gitu). tapi di Arc GIS cuma terbatas jenis simple kriging dan ordinary kriging. Disini gw belajar satu metode kriging yg namanya regression kriging. Gw sekarang harus maen2 sama program "R" yg br gw denger sekali seumur hidup ketika disini. Gw mencoba menggabungkan data satelite (remote sensing) dalam memperbaiki hasil interpolasi selain juga coba faktor2 lain. Pokoknya gt deh intinya. -semoga mumeth yang baca--

Proposal berjalan lancar tp analisa berjalan lambat . Ternyata ga semudah yang gw bayangkan selama ini. Tiap ada jadwal ketemu pembimbing pasti gw setress saudara2. Perut gw mules, mata cenat cenut, idung kembang kempis, pokoknya depresi akut. Secara tiap gw ngadep beliau berdua -Mr Gerard & Mr. Sytze- gw pasti cuma modal senyum manis dan muka bodo. Kayaknya semakin hari mereka semakin sadar kebodohan mahasiswa bimbingannya. wuaaa ... dah 2 bulan berjalan tp gw belom dapet 1 petapun.

Sekarangpun sebenarnya gw masih nyiapin dan setting data gw. Itupun cukup membuat gw jadi ubanan parah. Gw pasti stuck ketika harus mulai bikin coding buat krigingnya. Kenapa ya semua hal yang gw takuti malah gw dapat? Segala yang gw mau hindari malah gw hadapi? Mungkin Tuhan mau gw belajar lebih. Tuhan tahu kalo gw tipe manusia yang harus dipaksa keadaan baru gw bangkit -dari kubur-. Apakah gw mampu nyelesain ini semua sampe Februari? ehm... well, let's see ... ---kata2 andalan--


KRIGING ... I WILL KILL YOU or YOU WILL KILL ME ...

Aku yg lagi sutris




4 comments:

Clara Croft said...
This comment has been removed by the author.
Clara Croft said...

Semangat Mas Yahyaaaaa... hadoh, saya belum tesis aja konsentrasi sudah menurun :D

Anonymous said...

aduh aku mumet bacanya.. tapi kata kata yang terakhir bener banget "Tuhan pengen kita belajar lebih" meskipun jungkir balik berantakan kayak gini...

Semoga bisa selesai februari juga :(

Firda said...

Mmuahahahahaha.. *tertawa di atas penderitaan orang lain..
Semangat Mas Yahya *sambil rolling2 on the floor :D